Happy Cat Kaoani Algoritma dan Pemrograman: Review Go-Learn

Sabtu, 28 Oktober 2017

Review Go-Learn


Haloo guys...
Kemarin kan kita sudah membahas 2 materi sekaligus semoga kalian tidak bosan yaaa. Nah sekarang kita bahas santai tentang coding yukkk dan yang kabar gembira nya kali ini saya akan mereview materi yang sangattt wah buat kalian semoga kalian excited dengan materi ini.

Muhammad Salis dari Go-Learn


Dia adalah seorang software developer dari go-jek. Dan uniknya dia tidah memiliki latar belakang IT. Dua tahun yang lalu ia pertamakali belajar coding secara otodidak melalui berbagai sumber. Dan ia mulai berlatih dengan hal-hal yang sederhana seperti membuat website yang hanya memunculkan namanya. Menurutnya komputer itu adalah mesin yang paling buruk. Mengapa? Karena komputer tidak bisa melakukan apapun sendiri. Maka dari itu, manusia dapat mengajarkan suatu hal pada komputer dengan menggunakan Coding.
Nah coding sendiri dapat diartikan sebagai set instruksi yang diberikan kepada komputer. Dengan diberikannya set instruksi, ternyata komputer dapat melakukan pekerjaan lebih cepat dari pada manusia, tetapi komputer hanya bisa membaca instruksi biner.
Oleh karena itu manusia di permudah dengan adanya bahasa pemrograman. Seperti bahasa C, C++, Pascal, Java, dll.

#1. Nah sekarang kita bahas tentang Tipe data dan variabel

1. String : kumpulan karakter yang ditulis dengan tanda petik dua
Contoh:
                string nama;

2. // : simbol ini digunakan apabila kalian memberikan komentar di program. Komentar itu sendiri dapat mempermudah orang lain mengerti tentang program yang kalian tuliskan.

3. Number:
    Integer (int): bilangan bulat
    Contoh:
                  int a=5;
    Float : bilangan pecahan/desimal
    Contoh:
                  float phi=3.14;
    Boolean : sintax ini hanya berisikan true (1) or false (0).
    Contoh:
                 3<10;  //maka output yang diberikan adalah true (1).
     Null/undefined : untuk menandakan nilai kosong atau tidak ada.

#2 Fungsi

Fungsi adalah block-of code yang akan memproses input yang diterima sebagai output yang diinginkan
Contoh:

#3 Logika

Logika berfungsi untuk mengatur aliran pada software yang bertugas mengatur program jika diberikan pada kondisi tertentu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan ada beberapa macam sintax dari logika yaitu

1. If-else
    Contoh:
2. Switch
    Contoh:

#4 Loops

Loops adalah perintah yang diulang-ulang dan berhenti sampai kondisi yang ditentukan.
Contoh:

Nahhh yang terakhir abang Salis ngasih solusi nih bagi kalian yang ingin belajar coding dari awal.

Mulailah dengan hal-hal simple seperti membuat website biasa atau apapun. Atau kalian bisa memulainya dengan membuat output "Hello World" karna semua orang juga memulainya dengan hal-hal sesederhana itu. Dan jangan lupa untuk tetap konsisten dalam mempeljarinya dan akhirnya buatlah suatu hal yang dapat mengubah dunia.

Gimana guys, keren kan materi yang diberikan bang Salis dalam Go-learn ini. Jika kalian ingin melihatnya kalian bisa klik link ini https://youtu.be/sdsHzEwO_f4 semoga review yang saya berikan dapat menambah semagat kalian dalam mempelajari bahasa pemrograman dan mengubah mindset kalian bahwa coding itu "susah" sebenernya mah simple bangettt 😁 sudah dulu ya materi kita hari ini. Sampai ketemu di update berikutnya guyss. Semangattt

Source:
Video: https://youtu.be/sdsHzEwO_f4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar